Selasa, 11 Desember 2012

Menanti 'Pertarungan' Dahsyat iPhone 5S vs Galaxy S IV


 

Jakarta - Perseteruan Apple dan Samsung seakan tak ada matinya. Terlebih di bisnis smartphone, setelah era Galaxy S III dan iPhone 5, kini penerus dua gadget populer itu sudah ramai saja diperbincangkan.

Ya, apalagi jika bukan iPhone 5S besutan Apple dan Galaxy S IV dari kubu Samsung. Kedua produk itu pun disebut-sebut bakal memanaskan persaingan ponsel pintar di tahun 2013 mendatang.

Memang, baik Apple ataupun Samsung masih belum membuka mulut soal kehadiran masing-masing gadget andalannya itu. Namun sejumlah rumor yang beredar nyatanya sulit ditampik untuk ditelisik lebih jauh.

Peter Misek, seorang analis dari Jefferies, seperti dilansir Infopackets memprediksi jika iPhone 5S bakal dirilis Apple pada Juni 2013 mendatang. Sejumlah peningkatan fitur pun diyakini akan dibawa oleh perusahaan asal Cupertino tersebut.

Mulai dari penggunaan kamera super HD, layar yang lebih kinclong, baterai tahan lama hingga penggunaan teknologi Near Field Communication (NFC). Sehingga teknologi tersebut nantinya dapat 'dikawinkan' dengan kartu kredit untuk digunakan sebagai alat pembayaran (m-wallet).

Satu hal lagi yang dipercaya Misek akan dihadirkan Apple pada iPhone 5S. Yakni soal ketersediaan warna yang lebih beragam, tak cuma berwarna hitam dan putih. Ya, agak sepele memang, namun itulah hasil prediksi dari analis Jefferies tersebut sembari berkaca dengan perubahan yang terjadi pada iPod Touch dan Nano terbaru.

Lantas bagaimana dengan sang calon pesaing, Galaxy S IV? Seperti dikutip detikINET dari berbagai sumber, dapur pacu Galaxy S IV diisukan bakal digeber dengan prosesor 4+4 core. Dimana menggunakan sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.

Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU. Melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC.

Uniknya kecepatan kedua prosesor yang digabungkan itu pun berbeda. Bila Cortex-A15 berjalan pada kecepatan 1,8 GHz maka Cortex-A7 cukup dengan kecepatan 1,2 GHz. Hal tersebut wajar adanya karena Cortex-A7 yang digunakan memang digunakan untuk load sistem yang tidak terlalu berat.

Sementara layarnya bakal selebar 4,99 inch dengan display 1080p Super Amoled dan dirumorkan bakal tahan banting. Sebab smartphone yang dijuluki 'Project J' itu akan menggunakan teknologi layar yang diklaim anti pecah.

Nah, ini yang paling menarik, isu terakhir menyebut jika Galaxy S IV bakal dirilis Samsung pada kuartal II 2013. Alhasil, jika terbukti benar, maka waktunya akan sangat berdekatan dengan tanggal kelahiran iPhone 5S.

Tentu patut dinanti bagaimana pertarungan sengit kedua gadget populer itu untuk merebut hati para pengguna.

sumber : www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar